Miras penyebab punah Orang Yahukimo - Movie Papua
Headlines News Pasema

Home » , » Miras penyebab punah Orang Yahukimo

Miras penyebab punah Orang Yahukimo

Written By Admin on Tuesday, November 5, 2019 | 4:24 AM

Demo di Yahukimo Papua

Papua, PSM– Miras menjadi salah satu penyebab meninggalnya Masyarakat Papua kabupaten Yahukimo  maka Forum Pemerhati Rakyat Papua (FPRP) akan berdemo pada Senin 4 November 2019 di Pusat kota Dekai.

Demo akan dilakukan pada hari ini dengan berapa isu daintaranya tolak keberadaan Pelaku Seks Komersial (PSK) di warung remang-remang, Penjualan Minuman Keras (Miras)  oleh oknum anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas di Koramil Yahukimo menyebabkan beberapa orang Masyarakat Papua dan Pendatang meninggal Dunia, Dan demo kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dekai kabupaten Yahukimo dengan adanya korban pada ibu hamil pada saat melahirkan anak  oleh petugas  saat belum waktunya hingga menyebabkan anak meninggal dunia dan Anak dilahirkan tidak normal serta dilahirkan melalui operasi dengan anak yang tidak Normal.

“Besok kita Forum Peduli Rakyat Papua di Kabupaten Yahukimo akan Demo, untuk tolak Minuman keras,  keberadaan PSK di jalan Sosial, jalan Pemukiman Jalur Satu, Jalan Paradiso dan Demo juga kepada pihak RSUD Dekai kepada dokter kandungan anak,” kata Napi Bahabol korban rumah sakit terhadap istri ini, kepada Jubi pada Senin (04/11/2019).

Ia mengatakan Dokter di rumah sakit RSUD Dekai memaksakan ibu hamil anak harus dilahirkan dengan cara melalui obat perangsang dan juga melalui operasi, sehingga menyebabkan anak lahir dalam keadaan tidak normal, dan anak meninggal.

“Saya juga korban, Istri saya kemarin 9 oktober 2019 dibawa ke RSUD Dekai, Dokter di RSUD dipaksakan untuk istri saya melahirkan harus melalui obat perangsang kalau tidak melalui operasi agar anak bisa lahir, tetapi saya menolak dan istri saya bawa keluar, Puji Tuhan akhirnya sesuai dengan USG bahwa anak saya akan lahir tanggal 19-20 oktober 2019 ternyata anak lahir pas dengan tanggal itu dan anak lahir dengan normal. Ada juga adik Saya yang kami masuk sama-sama alami hal yang sama, tetapi keluarga bawa pulang dan anak lahir dirumah dengan keadaan yang sehat dan normal,” kata Napi Bahabol menjelaskan kepada Jubi.

Sementara Itu Otniel Sobolim Koordinator Aksi FPRP mengatakan hari kita mau demo karena adanya pengaruh sosial Masyarakat di Yahukimo yaitu Miras, PSK, rumah sakit.

“Kami mau demo karena adanya peredaran Minuman Keras Beracun akibatnya korban nyawa ada 7 orang dan itu data resmi dari rumah sakit, Adanya laporan Masyarakat Yahukimo bahwa adanya lokalisasi membuat konflik horizontal dalam keluarga, dan adanya Laporan Masyarakat kepada kami aktivis juga bahwa di RSUD Dekai ini Pelayanannya tidak sesuai dengan koridor kesehatan, terutama kepada ibu-ibu hamil. Ibu hamil 8-9 bulan itu mereka dipaksa untuk operasi begitu, jadi hampir 8 itu sudah jalankan operasi semua. Selain itu pemaksaan pemberian KB kepada ibu-ibu. Kami curiga ada oknum-oknum yang bermain untuk mengurangi peenduduk asli Yahukimo dengan Cara-cara begitu,” kata Okniel Sobolim.(*)






Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

pengunjung

Subscribers Channel


Translate Pasema

Member

Flag Counter
 
Design Website : Design Website IG | Piter Papua Youtube | Piter Papua Facebook
Website Owner Suara Pasema
Copyright © 2020. Movie Papua - All Rights Reserved
'>'>Papuans Behind Bars the Irons
Piter Papua terima Design Blog Or Website
"body"