DPRD Maybrat Minta Presiden Dialog dengan ULMWP dan KNPB - Movie Papua
Headlines News Pasema

Home » , » DPRD Maybrat Minta Presiden Dialog dengan ULMWP dan KNPB

DPRD Maybrat Minta Presiden Dialog dengan ULMWP dan KNPB

Written By Admin on Tuesday, September 24, 2019 | 8:13 PM

Ketua DPRD Kabupaten Maybrat, Ferdinando Solossa, saat mendampingi ratusan warga asal tiga suku di Maybrat melakukan aksi demo ke Kantor Gubernur Papua Barat di Manokwari - Jubi/Hans Arnold


Vanimo,SP - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat, minta kepada Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

 Ferdinando Solossa meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka ruang dialog dengan tokoh The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

"Kami minta pemerintah membuka dialog antara pemerintah pusat dan tokoh Papua khususnya yang dipandang memiliki ideologi yang konfrontatif atau berseberangan seperti ULMWP dan KNPB," kata Ferdinando dalam forum bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Selasa (24/9).

Ferdinando menyarankan dialog antara pemerintah pusat dengan tokoh Papua itu melibatkan pihak ketiga yang independen, netral, dan objektif dalam menyelesaikan akar persoalan di Bumi Cendrawasih.

Menurutnya, usulan itu merupakan salah satu aspirasi yang diserap masyarakat. Ia berharap pemerintah bisa menyelesaikan masalah di Papua secara bertahap, sehingga pemerintahan dan pembangunan berjalan baik.

"Kami harap bapak KSP memfasilitasi agar kami bisa menyerahkan langsung persoalan ini ke presiden," tuturnya.

Organisasi ULMWP dan KNPB disebut oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebagai dalang di balik kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat.

Tokoh ULMWP yang menonjol adalah Benny Wenda. Ia kini tinggal di Oxford, Inggris. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyebut Benny sosok yang terlibat dalam kerusuhan Papua dan Papua Barat.

Sementara KNPB dipimpin Agus Kossay. Ia pun telah ditangkap polisi, di wilayah Hawai, Sentani, Papua, pada Selasa (17/9). (*).

CNN
 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

pengunjung

Subscribers Channel


Translate Pasema

Member

Flag Counter
 
Design Website : Design Website IG | Piter Papua Youtube | Piter Papua Facebook
Website Owner Suara Pasema
Copyright © 2020. Movie Papua - All Rights Reserved
'>'>Papuans Behind Bars the Irons
Piter Papua terima Design Blog Or Website
"body"