Lima Ribu rakyat Yahukimo Dukung untuk ULMWP menerima Menjadi Anggota Penuh MSG - Movie Papua
Headlines News Pasema

Home » , , » Lima Ribu rakyat Yahukimo Dukung untuk ULMWP menerima Menjadi Anggota Penuh MSG

Lima Ribu rakyat Yahukimo Dukung untuk ULMWP menerima Menjadi Anggota Penuh MSG

Written By Papuani on Wednesday, July 13, 2016 | 3:16 AM



Portmoresby-SP- Lima Ribu Rakyat Melanesia West Papua di Yahukimo mendukung Penuh united Liberation Movement For West Papua (ULMWP) menjadi Anggota Penuh Melanesia Spearhead Group (MSG) tergabung oleh 5 Negera yaitu Papaua New Guinea, Fiji, Salomon Island, Vanuatu dan FLNKS Kanaky di pertemusn yang sedang berlangsung di Honiara dari tanggal 13-16 Juli 2016. Maka Kesempatan ini ULMWP dan Melindo mendapat undangan Resmi untuk siapa yang layak untuk menjadi anggota Penuh atau Full Member MSG
Maka rakyat yahukimo yang dimediasi oleh KNPB melaksanakan Aksi damai di Lapangan Terbuka di depan Kantor Bupati lama Kabupaten Yahukimo dengan jumlah masa yang sangat besar 5.000.000 (lima Ribu Orang) yang tergabung dari Anggota KNPB, Masyarakat Rendah sampai pegawai Negeri Sipil, Swasta, Gereja, Wakil Rakyat Yahukimo, Sekolah, anak-anak dan Pengusaha. Pada 13 Juli 2016.

Aksi demo rakyat West Papua yang di mediasi oleh Knpb ini terkait dengan aksi dukungan kepada negera-negara melanesia yang tergabung dalam anggota MSG untuk menerima ULMWP menjadi anggota Penuh MSG.
Agus Kossay Ketua I KNPB pusat sampaikan bahwa 5.000.000 rakyat yahukimo menduduki di lapangan kantor bupati lama Yahukimo ini dengan semangat dan budaya orang melanesia datang kesini untuk mendukung ULMWP agar diterima menjadi Full Member di MSG itu merupakan kerinduaan dari rakyat Papua dari Sorong sampai Samarai dan lebih khusus rakyat Yahukimo.
Maka Pada hari ini Seluruh rakyat Papua di berbagai daerah melakukan kegiatan dukungan Ibadah, Doa Puasa dan aksi nasional di seluruh tanah Papua dan lebih khusus 5 ribu rakyat yahukimo yang hadir untuk mendukung United Liberation Movement For West Papua (ULMWP) dan harapan kami negara-negara Anggota MSG untuk selamatkan kami rakyat Papua.  

Ketua Parlement Rakyat Daerah (PRD) di wilayah Yahukimo Amius Balingga, harapan kami adalah satu untuk menerima ULMWP menjadi anggota Penuh di MSG karena kami adalah saudara-saudara bagian dari melanesia. seluruh rakyat papua di yahukimo lebih khusus Rakyat Papua juga mengharapkan menerima kami sebagai anggota Penuh karena sudah 45 Tahun kami rakyat West Papua terhilang di asia tenggara maka itu kami sekarang dengan komitmen untuk kembali bergabung kepada saudara-saudara kami melanesia di MSG. 

Seluruh rakyat yahukimo meliburkan diri dan datang mengikuti aksi dukungan kepada MSG untuk menerima mewakili rakyat papua ULMWP sebagai anggota Penuh MSG dengan Lima suku yang ada disini itu adalah harapan mereka semua dan ini bukti dari pada rakyat papua ingin untuk menjadi anggota penuh di melanesia Speardhead Group (MSG) sebab ketika ada masalah yang membantu untuk menyelesaikan bukan orang lain tetapi pasti tetangga maka itu harapan kami. 
5 Ribu orang papua turun jalan karena orang papua bukan bagian dari indonesia tetapi orang papua beda dengan bangsa melayu tetapi kami adalah bangsa Melanesia dengan tegas disampaikan Oleh Korlap jekson silak ketua militan Yahukimo yang menjadi korlap saat aksi.

Dalam kesempatan itu juga membacakan Statemen Politik oleh Sekjen KNPB Wilayah Yahukimo Markus Suhuniap yaitu :

54 tahun Bangsa Papua dianeksasi ke dalam  keluarga tiri atas kepentingan  atas kepentingan kolonialisme dan imperialisme  global, mengorbankan nasib masa depan  bangsa papua. Bangsa Papua di masukan kedalam  indonesia  bukan kehendak Rakyat  Papua Barat  melainkan atas  persengkongkolan Amerika  Serikat, PBB, Belanda  dan Indonesia  tanpa   meminta persetujuan  rakyat papua.
54 tahun bangsa papua hidup bersama keluarga tiri yaitu (Indonesia),orang Papua Barat tidak pernah merasa bangga menjadi bagian dari Indonesia apa lagi mengakui kekuasaan kolonial Indonesia  sebagai negaranya.
Bangsa Papua mengenal kekuasaan kolonial Indonesia di West Papua sebagai Kolonial, karena selama setenga abad hidup bersama Indonesia orang Papua mengalami penindasan, diskriminasi rasial,penyiksaan pembunuhan pemerkosaan,sejak trikomando 19 Desember 1961 sampai dengan saat ini.
Maka orang papua mengenal Indonesia sebagai kolonial menduduki  di West Papua. Hal ini telah terbukti selama 54 tahun rakyat Papua terus protes  dan berjuang untuk menentukan nasib masadepan bangsanya, ini dilakukan sesuai piagam PBB pasal 73 yang disahkan  melalui Resolusi PBB No. 1514 dan Resolusi PBB No. 1541 karena Rumpun Bangsa Melanesia tidak sama dengan Rumpun lain di Indonesia.
            Dalam upaya mencapai hak penentuan nasib sendir, rakyat west papua memberi kewenangan  penuh kepada badan unifikasi yaitu  United Liberation Movemnet for West Papua ( ULMWP) untuk mewakili menjadi anggota penuh Melanesian  Spearhead Groups  ( MSG). Oleh sebab itu, kami menganggap upaya dari kelompok lain  yang berupaya  menjadi anggota ( MSG) adalah ilegal  dan tidak mewakili rakyat west papua.
Segala bentuk dan siasat kolonial Indonesia  untuk menghalangi  perjuangan pembebasan west papua merupakan bagian dari memperkokoh pendudukan Kolonial Indonesia  dan sebagai wujud  dari Praktek neo kolonialisme yang sedang berlangsung di atas tanah papua.
Karena itu,  kami mendesakan mengharapkan  pemimpin - pemimpin negara- negara  melanesia untuk tidak terjebak dalam rayuan Negara Indonesia yang sedang menindas bangsa Melanesia di West Papua dan Para pemimpin MSG agar bisa mengambil satu langkah penyelamatan Pemusnahan Ras Melanesia di West Papua melalui pertemuan pimpinan MSG di Honiara  13 - 14 Juli 2016.
Kami tidak akan pernah berhenti selama hak penentuan nasib sendiri bagi  Bangsa Papua belum terpenuhi. Hari ini 13 Juli 2016, kami berdiri bersama rakyat  kami menyatakan sikap kami  secara damai dan bermartabat.
Perlawanan kami hari ini berdasarkan alasan yang kami dapat pertanggungjawabkan  dengan logika hukum dan moral di Indonesia dan Internasional, bahwa:
1.      Kehendak  bangsa Papua untuk bergabung  dalam organisasi  sub regional, Melanesian Spearhead Group ( MSG) bagian dari restorasi Sosial, Ekonomi dan Politik bangsa – bangsa Melanesia, di regional Melanesia;
2.        Sebagai bagian dari rumpun  Melanesia di pasifik, hak  penentuan nasib sendiri bagi west papua harus menjadi isu  yang harus  di angkat dalam pertemuan kelompok  negara –negara Afrika, Caribean dan Pasifik ( ACP) di Salomond Island, 13-16 Juli 2016. Negara – negara  Afrika dan karibian  dalam sejarah aneksasi west papua, telah berdiri di PBB menolak hasil rekayasa Pepera  ( act of free choice), tahun 1969 di west papua yang menyebabkan PBB mencatat ( take note) hasil rekayas itu tanpa keputusan tetap;
3.      Ini adalah sesuatu yang penting mengingat  tensi politik yang sangat panas dimana Indonesia terus menciptakan  konflik kekerasan, penangkapan aktivis politik, pembunuhan dan eksploitasi  sumber daya alam  secara serius.

Kami Bangsa Papua Barat melalui media KNPB menyampaikan pernyataan  sikap sebagai berikut:
1.      Melalui sudah siap menjadi anggota penuh MSG,  dan berpartisipasi  dalam membangun bangsa – bangsa melanesia sesuai prinsip –prinsip dan komunike MSG.
2.      Kami  bangsa Papua mendukung penuh pertemuan pimpinan MSG  pada hari ini tanggal 13 -14 Juli 2016, dengan penuh harapan agar  para pemimpin MSG mewakili rakyat melanesia  di west papua sorong sampai merauke.
3.      Rakyat papua barat menyambut  baik ULMWP  mewakili bangsa papua menjadi anggota penuh MSG, demi penyelamatan nasib bangsa papua pemusnahan ras melanesia di west papua.
4.      Kami bangsa papua menyatakan bahwa kekuasaan kolonial Indonesia di west papua ilegal, saatnya rakyat papua kembali  ke rumah keluarga melanesia.
5.      Kami bangsa papua mendesak para pemimpin MSG mengambil satu langkah penyelamatan sesuai dengan Deklrasi westminster  pada poin 5 memanggil sebuah pengawasan  internasional terhadap suara  west papua  untuk menentukan nasib sendiri  sesuai dengan Resolusi Majelis Umum PBB 1514 dan 1541  ( XV). (Papuani)

Berikut Foto-Foto










Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

pengunjung

Subscribers Channel


Translate Pasema

Member

Flag Counter
 
Design Website : Design Website IG | Piter Papua Youtube | Piter Papua Facebook
Website Owner Suara Pasema
Copyright © 2020. Movie Papua - All Rights Reserved
'>'>Papuans Behind Bars the Irons
Piter Papua terima Design Blog Or Website
"body"