Kepulauan Solomon Bertekad Untuk Menjaga Papua Barat Dalam Agenda Regional dan Global - Movie Papua
Headlines News Pasema

Home » , , , , » Kepulauan Solomon Bertekad Untuk Menjaga Papua Barat Dalam Agenda Regional dan Global

Kepulauan Solomon Bertekad Untuk Menjaga Papua Barat Dalam Agenda Regional dan Global

Written By Admin on Thursday, September 10, 2015 | 5:13 PM

Perdana Menteri Salomon Saat Jumpa Pers di Port Moresby




Portmoresby-suarapasema.blogspot.com- Kepulauan Solomon bertekad untuk menjaga Papua Barat dalam agenda regional dan global dalam beberapa tahun ke depan karena perjuangan rakyat untuk menentukan nasib sendiri dan pelanggaran berat pelanggaran HAM 'di provinsi Indonesia.

Karena pengakuan Gerakan Pembebasan Inggris untuk Papua Barat (ULMWP) sebagai pengamat untuk MSG (MSG), Perdana Menteri Manasye Sogavare menunjuk Utusan Khusus di Papua Barat untuk menyoroti situasi di Papua Barat.

Anggota Parlemen, Matthew Wale berada di Port Moresby minggu ini untuk menjangkau Pemimpin Pasifik dan mengingatkan mereka dari tanggung jawab moral mereka terhadap penderitaan lebih dari 10 juta orang Papua Barat di Indonesia.

Mengulangi posisi Kepulauan Solomon, Wale mengatakan 'dengan atau tanpa dukungan dari Forum Kepulauan Pasifik, pemerintahnya akan mensponsori resolusi di PBB menyerukan Sekretaris Jenderal untuk mandat Komisaris Tinggi untuk menilai situasi hak asasi manusia di Papua Barat .

"Kami juga mendukung aplikasi dengan ULMWP untuk menjadi pengamat pada Forum Kepulauan Pasifik. Kami juga menyerukan kepada Komite Dekolonisasi PBB untuk reinscribe Papua Barat ke dalam daftar negara-negara decolonised, Wale kepada wartawan di Port Moresby.

Di sini, di Port Moresby, delegasi Kepulauan Solomon telah bertemu banyak negara anggota Forum menguraikan rencana mereka pada mendorong perjuangan untuk menentukan nasib sendiri dari Melanesia di provinsi-provinsi Indonesia.

"Kami berharap bahwa Forum Pemimpin akan setuju untuk tiga proposal kami. Kami rasa berbicara kepada hampir semua anggota voting dari Forum Kepulauan Pasifik adalah bahwa Pemimpin merasakan beban moral untuk menangani masalah ini dan bahwa mereka harus melakukan sesuatu.

"Kami berharap Pemimpin Pasifik akan naik ke tantangan dan membuat keputusan yang tepat, kata Wale.

Dia mengatakan kedaulatan Indonesia atas Papua Barat telah terlalu disalahgunakan dan masyarakat adat telah menderita di tangan militer dan pemerintah.

Wale mengkritik Indonesia untuk mengklaim 'penyimpangan' untuk diskusi dengan Pemimpin isu Papua Barat.

"Hal ini sangat relevan karena orang Papua Barat yang Melanesia dan mereka adalah bagian dari Pasifik - bagaimana bisa mereka tidak relevan? tanya Wale.

Dalam menanggapi klaim oleh wakil menteri Indonesia untuk urusan luar negeri bahwa pelanggaran hak asasi manusia yang ditangani oleh Komisi Hak Asasi Manusia, Kepulauan Solomon Utusan Khusus mengatakan keputusan Komisi telah diabaikan oleh pemerintah karena pelanggaran terus meningkat.

"Indonesia perlu mengambil serius pelanggaran dan mengadili para pelaku. Kata-kata mereka tidak bisa menjadi yang terakhir dan tidak membawa kredibilitas dengan masyarakat internasional dan tentu saja tidak di sini dengan Forum Kepulauan Pasifik,

Dana memungkinkan, Pulau Solomon berencana mengadakan konferensi besar untuk organisasi masyarakat sipil dan pemangku kepentingan pemerintah pada bulan November atau awal tahun depan untuk pendukung perjuangan Papua Barat untuk menentukan nasib sendiri.

Konferensi ini akan menarik keluar rencana aksi tentang apa yang perlu dilakukan, terutama dalam Komite 24 (C24) proses di PBB.

"Tunduk pada penilaian hak asasi manusia, kita kemudian akan menentukan apakah beberapa kasus hukum perlu diambil, Wale kepada wartawan.

Kepulauan Solomon siap untuk mensponsori resolusi di PBB, dan Wale mendesak negara-negara anggota Forum Kepulauan Pasifik untuk mendukung resolusi.

"Kami juga mengharapkan negara-negara anggota untuk membuat pernyataan yang kuat pada Papua Barat di PBB, kata Wale di looppng.

Kepulauan Solomon Utusan Khusus diangkat setelah pertemuan MSG di Honiara pada bulan Juni tahun ini. (Suara Pasema).


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

pengunjung

Subscribers Channel


Translate Pasema

Member

Flag Counter
 
Design Website : Design Website IG | Piter Papua Youtube | Piter Papua Facebook
Website Owner Suara Pasema
Copyright © 2020. Movie Papua - All Rights Reserved
'>'>Papuans Behind Bars the Irons
Piter Papua terima Design Blog Or Website
"body"