Kelompok pro Papua Barat mendorong tindakan untuk Forum Kepulauan Pasifik - Movie Papua
Headlines News Pasema

Home » , , » Kelompok pro Papua Barat mendorong tindakan untuk Forum Kepulauan Pasifik

Kelompok pro Papua Barat mendorong tindakan untuk Forum Kepulauan Pasifik

Written By Admin on Monday, September 7, 2015 | 8:54 PM


We Bleed Balck And Read

Port moresby-suarapasema.blogspot.com- Kelompok solidaritas seluruh Pasifik termasuk Australia dan Selandia Baru menyerukan para pemimpin Pasifik untuk bertindak atas isu Papua Barat pada Pemimpin pertemuan Forum Kepulauan Pasifik.

Untuk tidak bertindak pada masalah Papua Barat akan dianggap sebagai kegagalan moral kepemimpinan kolektif kita di Pasifik, yang mereka katakan.

Panggilan para pemimpin telah mendapatkan momentum dalam terang Forum Kepulauan Pasifik (PIF), dengan para pemimpin mengadakan di Port Moresby minggu ini, dengan Papua Barat menjadi salah satu daerah prioritas perdebatan dalam agenda para pemimpin '.

Gerakan solidaritas di Pasifik telah melakukan aksi damai dengan pesan tegas kepada PIF untuk mendukung sebuah misi pencarian fakta ke Papua Barat untuk menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia, untuk mendukung panggilan untuk Utusan Khusus PBB di Papua Barat dan untuk membantu dalam menempatkan Papua Barat pada daftar dekolonisasi di PBB.

Secara historis para pemimpin Forum Kepulauan Pasifik telah menunjukkan kepemimpinan moral dan politik mereka mengakui hak untuk perjuangan penentuan nasib sendiri di wilayah kami, terutama dalam kaitannya dengan Kaledonia Baru dan dalam mencari resolusi hanya untuk banyak masalah politik sulit lainnya di wilayah kami seperti kontaminan radioaktif di Kepulauan Marshall.

Pernyataan itu mengatakan: "Para pemimpin kita telah memfasilitasi isu-isu politik yang sulit dengan integritas dalam solidaritas Pasifik dengan perjuangan rakyat kita."

PNG Union for West Papua (PNGUWP) Ketua Ken Mondiai selama pawai selama akhir pekan di Port Moresby mengatakan isu penentuan nasib sendiri termasuk dari Papua Barat telah dibesarkan di berbagai forum pemimpin Pasifik selama bertahun-tahun, tapi sangat sedikit telah dilakukan untuk menangani pelanggaran hak asasi manusia yang berkembang yang terus membanjiri media.

"Waktu sekarang dan pemimpin Pasifik saat ini kami harus bertindak pada masalah menggambar kekuatan mereka dari kepemimpinan historis untuk menyelesaikan konflik ini berlangsung secara adil dan damai.

"PNG memiliki peran penting untuk bermain di forum ini dan sebagai tuan rumah dan kursi yang masuk dari PIF, kami menyerukan Perdana Menteri Peter O'Neill dan rekan-rekan Pasifik untuk bertindak secara moral dan sadar ketika berunding di Papua Barat," kata Mondiai.

PNG parlemen pada Papua Barat dan Gubernur Oro Gary Juffa mengatakan para pemimpin dunia termasuk pemimpin Pacific kami telah gagal Papua Barat dan terus melakukannya.

Gubernur Juffa berlabel PBB sebagai organisasi gagal mengatakan, "PBB telah melakukan apa-apa untuk mengatasi, namun mereka memberitakan tentang hak, kekerasan, dan penyiksaan di bagian lain dunia."

"Kami tidak bebas di Pasifik sampai Papua Barat bebas ... tantangannya adalah pada para pemimpin kita untuk bertindak atas Papua Barat minggu ini dan kami mengharapkan beberapa hasil perusahaan."

Kepulauan Solomon Gerakan Solidaritas untuk Papua Barat juga telah bergabung dalam panggilan regional, menekankan pada pemimpin Pasifik lainnya untuk mendukung berdiri di belakang pimpinan Perdana Menteri, Manaseh Songavare dan utusan khusus Papua Barat, Mathew Wale.

Koordinator gerakan Kepulauan Solomon, Lilly Chekana mengatakan orang-orang dari Kepulauan Solomon memiliki harapan yang tinggi dari Perdana Menteri mereka untuk juara isu Papua Barat, tetapi menyerukan para pemimpin lainnya dalam mendukung kepemimpinan Songavare.

"Songavare adalah vokal selama pertemuan Melanesian Spearhead Group (MSG) pemimpin tahun ini di Honiara dan kami berharap dia melakukan hal yang sama di PIF tahun ini. Orang-orang dari Kepulauan Solomon akan terus berdiri dengan saudara Pacific dan saudari kita di Papua Barat . "

Sementara itu, gerakan pemuda regional untuk Papua Barat, Youngsolarans telah mengambil media sosial drive yang kuat dengan demonstrasi di luar.

"Kami berdiri dalam solidaritas dengan gerakan regional lainnya yang memanggil para pemimpin kita untuk mendukung fakta independen menemukan misi untuk Papua Barat ... kami juga ingin para pemimpin menyerukan PBB untuk menunjuk utusan khusus HAM untuk Papua Barat," kata Youngsolwarans Fiji juru bicara, Vuetasau Buatoka.

Mr Buatoka mengatakan ada pembicaraan dari tekanan kuat dari Indonesia pada Fiji dan PNG, "dan kami berharap bahwa para pemimpin Pasifik kami tidak dipengaruhi dalam ruang forum mereka sendiri untuk meniadakan tanggung jawab moral mereka untuk Papua Barat."

Gerakan solidaritas untuk Papua Barat akan menjadi tuan aksi unjuk rasa melalui Pasifik.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

pengunjung

Subscribers Channel


Translate Pasema

Member

Flag Counter
 
Design Website : Design Website IG | Piter Papua Youtube | Piter Papua Facebook
Website Owner Suara Pasema
Copyright © 2020. Movie Papua - All Rights Reserved
'>'>Papuans Behind Bars the Irons
Piter Papua terima Design Blog Or Website
"body"