Indonesia Kirim Bantuan Senilai 2 Juta Dolar Ke Vanuatu - Movie Papua
Headlines News Pasema

Home » , , , » Indonesia Kirim Bantuan Senilai 2 Juta Dolar Ke Vanuatu

Indonesia Kirim Bantuan Senilai 2 Juta Dolar Ke Vanuatu

Written By Pasema West Papua on Monday, April 6, 2015 | 8:27 PM



Tim yang terdiri dari 19 orang dari berbagai instansi untuk dukungan Indonesia kepada Vanuatu pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi bencana. Foto: Kemenlu RI.

Jakarta,--SuaraPasema--Menteri Luar Negeri  Republik Indonesia, Retno L.P. Marsudi melepas pengiriman bantuan kemanusiaan senilai US$ 2 juta menggunakan dua pesawat kargo ke Port Vila, Vanuatu.

Kemenlu Memnerikan Bantuan kemanusiaan ini diberikan sesuai dengan kebutuhan dan waktu pengiriman yang disampaikan oleh Vanuatu sebagai tindak lanjut koordinasi antara Menlu RI dan Menlu Vanuatu yang dilakukan sejak hari kedua terjadinya Topan Pam beberapa pekan lalu pada Sabtu 4 April 2015, dari  Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta,.

Bantuan kemanusiaan yang dikirim berupa bahan makanan, paket untuk ibu dan anak, obat-obatan, tenda posko dan keluarga, selimut, genset listrik, tempat tidur lipat, serta perangkat kebersihan pribadi dan kesehatan lingkungan (sekitar 40 ton).

Ditulis di sana, selain bantuan kemanusiaan, juga dikirim tim terpadu Indonesia untuk melakukan assesment terhadap kebutuhan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana alam di beberapa wilayah di Vanuatu. Tim terdiri dari 19 orang dari berbagai instansi. Assesment tersebut akan menjadi dasar untuk menentukan bentuk bantuan dan dukungan Indonesia kepada Vanuatu pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.

"Duta Besar RI untuk Australia merangkap Vanuatu, Najib Riphat Kesoema, direncanakan menyerahkan bantuan Indonesia yang dikirimkan dengan pesawat cargo Boeing 737-800 dan Airbus A-330 tersebut kepada Mr. James Bule, Minister for Climate Change Vanuatu, untuk didistribusikan kepada masyarakat dan wilayah yang terkena dampak paling parah di berbagai pelosok Vanuatu" tulisnya di Website Resmi Kemenlu RI. 

Pengalaman Indonesia dalam menanggulangi berbagai bencana serta dalam melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi di Aceh, dinilai akan dapat sangat membantu Vanuatu di waktu yang sulit ini. 

"Bantuan Indonesia merupakan bentuk solidaritas dan hubungan khusus kedua bangsa yang memiliki latar belakang dan warisan budaya Melanesia. Bantuan ini juga merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Indonesia untuk memperkokoh kerja sama bilateral dengan Pemerintah Vanuatu dalam hal tanggap darurat bencana," tulisnya. 

Seperti diketahui topan Pam melanda sebagian wilayah Pasifik dan menghantam Vanuatu pada 13-14 Maret 2015. Topan tersebut mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, serta kerusakan bangunan dan fasilitas umum yang masif, melumpuhkan ibukota dan memutus akses ke puluhan pulau dan kota di Vanuatu. 

Ditulis di sana, selain bantuan kemanusiaan, juga dikirim tim terpadu Indonesia untuk melakukan assesment terhadap kebutuhan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana alam di beberapa wilayah di Vanuatu. (Suara Pasema For West Papua)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

pengunjung

Subscribers Channel


Translate Pasema

Member

Flag Counter
 
Design Website : Design Website IG | Piter Papua Youtube | Piter Papua Facebook
Website Owner Suara Pasema
Copyright © 2020. Movie Papua - All Rights Reserved
'>'>Papuans Behind Bars the Irons
Piter Papua terima Design Blog Or Website
"body"