Tutorial EasyWorship 2009 - Movie Papua
Headlines News Pasema

Home » , » Tutorial EasyWorship 2009

Tutorial EasyWorship 2009

Written By Admin on Saturday, May 10, 2014 | 3:32 AM


Tutorial nh dibuat karna Ada Beberapa Jemaat ada Minta Untuk dikasih Ajar karena Program EasyWorship 2009 ini sangat dibutuhkan untuk pakai Multimedia di Gereja dari pada versi sebelumnya Yaitu 2007.  karena kelebihan dari pada EasyWorship 2009 ini dilengkapi dengan Alkitab terjemahan baru, Teks berjalan/Alerts, Saat Tampilkan tidak bisa dilihat saat kita melalkukan pengetikan ataupun pengeditan.
Aplikasi EasyWorship ini juga punya keunggulan bisa menampilkan video sebagai latar belakang ato backgroundnya dibanding aplikasi presentasi lain kaya PowerPoint, aplikasi ini menghasilkan file berekstensi EWS (easy worship schedule) klo disimpan, jadi perbedaan dengan program aplikasi yang lain program ini cuma menyimpan penjadwalan lagu ato video ato presentasi dari powerpoint buat di presentasikan.
Kelebihan yang lain program ini juga bisa mengimport file powerpoint di dalamnya dan bisa  dijalankan sama kaya kita jalankan di PowerPoint dengan Presenter View, dan juga tidak usah kuatir ilmu powerpoint’nya masih Pake… jadi cuma perlu penyesuaian sedikit buat jalankan program ini.
1. Interface (tampilan) EasyWorship
Ok… kita kenali dulu sedikit tampilan dari EasyWorship ini.

2. Dari atas, seperti program-program yang lain ada
 Menu Bar yang isinya File, Schedule, Songs, Live, and  Help… Trus di bawahnya juga ada Toolbar juga yang isinya ada tombol-tombol shortcut kaya New, Open, Save, dan seterusnya…

Tampilan isi secara umum bisa disimpulkan terbagi jadi 3 bagian utama dari sebelah kiri ke kanan ada Schedule, Preview, Live Preview.

2. Cara Kerja EasyWorship
Setelah tadi sudah kenalan dengan tampilannya, sekarang kita mulai bahas bagimana cara kerja dari EasyWorship…
Sebenarnya konsep EasyWorsip ini cukup simple yaitu seperti yang udah di simpulkan di awal tadi bagian isi ada 3 bagian, yaitu
 Schedule, Preview, and  Live Preview

Bagian Schedule bertugas untuk membuat menampilkan dan manajemen daftar antrian presentasi nantinya, nantinya Schedule yang aktif bakal di tampilkan di kolom Preview.
Trus Preview sendiri itu berfungsi buat menampilkan bentuk presentasi sebelum di tampilkan ke Live Preview. Untuk memasukkan bentuk presentasi dari Preview ke Live Preview cukup klik tombol Go Live.
Trakhir setelah klik tombol
 Go Live tadi maka akan di masukkan ke daftar Live Preview. Live Preview sendiri berfungsi menampilkan presentasi ke layar ato istilah PowerPoint’nya di View Show (F5) tadi dengan cara klik tombol Live,  Live Preview ini berbentuk seperti Presenter View’nya PowerPoint yang nantinya di bagian ini operator mengatur navigasi output dengan cara :
Click bagian yang akan di presentasikan.
·         Space (tombol spasi) untuk berpindah bagian berikutnya (kebawah).
·         UpArrow (panah ke atas) untuk ke bagian sebelumnya dan
·         DownArrow (panah ke bawah) untuk ke bagian berikutnya (kebawah).
( Keterangan: penjelasan 3 point diatas ini Toombol pada Keyboord atau boleh juga pake Mouse.
3. Cara Menggunakan EasyWorship
Nah sekarang kita bisa coba langkah-langkah praktis penggunaannya :
a. Import File PowerPoint
Dari langkah yang paling gampang dulu, biar tidak bingung pake EasyWorship ini jika anda bisa mengimport atau masukan file PowerPoint ke sini, langkahnya gampang cuman ada 2 cara :
  • Klik icon PowerPoint di bagian Schedule atau boleh juga dari menu bar pada schedule.

  • Berikut’ny Browse file *.ppt yang akan di import.
  • Klo udah maka file PowerPoint bakal di tampilkan di daftar penjadwalan di Schedule dan di bagian tengah di kolom Preview dan ditampilkan juga slide-slide powerpoint yang di import tadi… sama kan kaya d powerpoint??

  • Terus kalo sudah maka kita tinggal klik tombol Go Live atau boleh juga klik dua kali pada schedule file yang kita import atau lihat gammbar dibawa >>> di sebelah atas untuk memasukkan ke daftar Live Preview.

  • Klo udah maka nanti tampilan di Preview tadi bakal di tampilkan juga di Live Preview, kemudian langkah terakhir tinggal klik tombol Live di atas untuk menampilkan ato menyembunyikan tampilan layar, ditandai dengan tombol Live yang kedip2 jika aktif. Kemudian untuk menampilkan layar Hitam (Black Screen) bisa tekan tombol Black, yang juga akan ditandai dengan tombol kedip2 dan text warna merah jika aktif.


B. MENAMPILKAN VIDEO SEBAGAI BACKGROUND PADA LAGU  DAN ALKITAB TB
Setelah tadi kita udah coba cara yang paling gampang buat menjalankan EasyWorship dengn file powerpoint, sekarang kita coba lagi salah satu dari keunggulan dari EasyWorship yang lain.
Untuk membuat sebuah presentasi murni dengan EasyWorship, EasyWorship menggunakan Songs (Lagu) atau Scriptures (ayat) sebagai inputan text… tapi lagu dan ayat yang ada di EasyWorship ini sifatnya adalah template atau bawaan yang di tanam di program EasyWorship itu sendiri. Makanya anda kalo tadi saya jelaskan di First Thing First kalo EasyWorship cuma menyimpan file daftar penjadwalan ato schedule.
  • Membuat Text melalui Songs
Nah karena kita tadi sudah tau kita untuk powerpint dan sekarang kita tidak bisa sembarang input text kaya di powerpoint jadi sekarang kita bahas dulu tentang membuat text melalui Songs, langkah-langkahnya seperti berikut:
1. Klik Menu Songs – New Song ato Klik Icon New Song di toolbar.

2. Klo udah nti bakal kebuka jendela New Song, di dalam textbox Title untuk menuliskan judul dari lagu. Kemudian di textbox di bawah untuk menginput text lagu atau inputan yang lain atau bisa gunakan tombol open untuk membuka file dari ekstensi *.rtf (jadi tidak bisa membuka file berekstensi *.txt) atau cukup copy paste dari file yang lain.
Kemudian gunakan Enter untuk mengatur distribusi per slide’nya.
(contoh: reff dengan bait 1 terpisah jarak untuk memisahkan)

3. Setelah selesai mengisi daftar inputan text maka inputan tersebut akan masuk dalam daftar lagu yang terletak di kolom schedule bagian bawah tab Songs.


  • Memasukkan lagu ato inputan dalam daftar Schedule
Setelah selesai menyelesaikan pembuatan text tersebut maka lagu yang tersimpan akan tersimpan dalam database EasyWorship itu sendiri dan langkah berikutnya adalah memasukkan lagu atau inputan tersebut dalam daftar schedule, langkahnya sangat mudah:
Klik kanan pada lagu pada daftar lagu tersebut kemudian pilih Add song to schedule ato cukup klik lagu tersebut kemudian klik icon plus di samping schedule maka lagu tersebut akan dimasukkan dlm daftar schedule di atas.

  • Mengatur Background.
Karena kita tadi udah membuat lagu sendiri sebagai inputan, maka hal yang paling menarik dalam EasyWorship ini adalah bisa menampilkan background video, sedangkan saat kita menampilkan slide powerpoint dengan import tadi kita tidak bisa mengatur Background karena saat kita mengimpor dari powerpoint kita hanya menjalankan file powerpoint n ga bisa d edit lewat EasyWorship ini.
1. Sekarang focus kita ada di kolom preview di sebelah kiri tombol Go Live terdapat tombol Background.

2. Setelah klik tombol Background maka langkah berikutnya adalah memilih background dalam daftar pilihan ato jika ingin memasukkan file background tekan tombol Options.
Ada 2 pilihan dalam background yaitu gambar dan video, hal tersebut bisa di bedakan dari simbol gambar di dalam daftar pilihan tersebut.

3. Setelah klik tombol Options maka akan terbuka jendela Background Option terdapat pilihan Add (untuk memasukkan 1 file), Add Multiple (untuk memasukkan file lebih dari 1 skaligus), Remove (untuk menghapus daftar background), Modify (mengedit background).

4. Misalkan kita memasukkan gambar bergerak kita klik Add maka akan terbuka lagi jendela Fill Effect dimana terdapat pilihan yang hampir mirip dengan format background’nya powerpoint disitu ada Color (memberikan warna solid), Gradien (memberikan warna gradasi), Picture (untuk background gambar), Video (untuk gambar gerak/film), Feed (ini aq jg blum tau th bwt pa…hehehe)
Contohnya kita mau masukin file video jadi klik tab video sehingga nti kita tinggal klik Select Video dan tinggal browse ja.

Setelah ketemu file video’nya maka bisa dicoba dulu lewat player yang ada di jendela tinggal tekan play saja.
Kalo sudah ya tinggal klik OK saja.
Nah itu semua kalo sudah maka kembali ke tampilan awal EasyWorship maka background pilihan tersebut udah di aplikasikan di kolom Preview dan pastinya di kolom Live Preview blum muncul background yang diganti seblum kita klik Go Live.

Yang terakhir ya kita tinggal navigasi’in th yang ada di kolom Live Preview pake cara navigasi yang udah pernah di jelasin d atas.

Trus satu lagi yang di atas tadi kan kita udah bahas tombol Black yang buat menampilkan Black Screen (layar item), nha disamping’nya th ada tombol Clear yang tadinya lagi aktif klo kita pake slide d powerpoint yang kita import coz tombol Clear disitu punya fungsi Hilangin tulisan yang ada di dalam slide di tandai juga dengan kedip2 dan text warna merah kalo aktif.
Wiiuuhh…. piter kira sampai disini dulu buat tutorial ‘singkat’ kali ini… untuk lebih lengkapnya tunggu tanggal maen’nya ja keluar Tutorial Mastering EasyWorship’nya yang bakal bahas lebih dalem lagi tentunya.Silahkan Like di Facebookku agar bisa saling bertanya Jawab atau bisa tanya penjelasan selanjutnya.
Untuk Softwarenya saya kasih Full Versi EasyWorship2009 agar anda juga melalui ini bisa menopang pelayanan anda.
Please Download here Or Download From Link Billion Upload here
Akhir Kata Tuhan Yesus Memberkati dan terima kasih atas Kunjungan Anda.

Selamat belajar dan Selamat  Memberikan yang terbaik buat Tuhan.


Share this article :

4 comments:

  1. WeWorship 2017 (Promo Versi 2.7.8)

    http://weworship.njwsoft.com/

    Software Presentasi untuk menampilkan Text atau Lirik dengan background Gambar atau Video Seperti Easyworship atau Open Song.
    Cocok di gunakan untuk kegiatan2 ibadah.

    - 1 Key aktivasi untuk satu komputer seumur hidup
    - Tidak perlu Aktivasi setiap tahun
    - Gratis Untuk Setiap Update Terbaru bagi yang sudah pernah aktivasi
    - Lagu termasuk: Kidung Jemaat, Nyanyian Rohani Methodis, Buku Ende , Mandrin Indonesia. dlll

    Kelebihan WeWorship 2017:
    - Termasuk 5000 lagu
    - Menampilkan Text Lagu dengan Background Video atau Gambar.
    - Berfungsi Sebagai Video Player (MP4,MKV,AVI dan Format Video Lainnya)
    - Berfungsi Sebagai DVD Player (Langsung Membuka DVD Disc)
    - Berfungi Sebagai Audio Player(MP3, dan Format Audio lainnya)
    - Bisa Menampilkan Power Point dan MS Word
    - Pergantian antara Text, Gambar , Video dan MS Power Point lebih mudah dan cepat
    - Mengganti Warna, Size, Format Huruf dengan Cepat.
    - Edit Lagu dengan Cepat Bahkan Pada saat Lagu sedang Tampil
    dll

    Video Turtorialnya disini:

    - Tutorial Update terakhir (Mengganti Backround video dan image)
    https://drive.google.com/open?id=0B8jrJjysDo6caHlndEhkeUp4dkk

    - Tutorial singkat lengkap dari cara download Install sampai cara menggunakan WeWorship 2017
    https://drive.google.com/open?id=0B8jrJjysDo6cTW9lZFZwaVIxZUU


    ***Dikirim dalam bentuk CD / Email***

    Hubungi:
    nama Nofry J Walangitan
    WA/Telp ke no 081288014039
    http://weworship.njwsoft.com/

    ReplyDelete
  2. terimakasih sekali untuk tutorial easyworshipnya yaa,...
    lampu service

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungan anda
jangan lupa komentarnya, admin minta berkunjung di blog ini tolong tinggalkan jejak atau komentar sebagai seorang yang baik

Thank you for your visit
     Do not forget his comments, admin request to visit this blog please leave a trail or comment as a good person

pengunjung

Subscribers Channel


Translate Pasema

Member

Flag Counter
 
Design Website : Design Website IG | Piter Papua Youtube | Piter Papua Facebook
Website Owner Suara Pasema
Copyright © 2020. Movie Papua - All Rights Reserved
'>'>Papuans Behind Bars the Irons
Piter Papua terima Design Blog Or Website
"body"